iRAN (iLearning Raharja Ask and News) Berita RSS

Going to Jogja

Bagi kalian yang hobby travelling. Ada banyak wisata menarik yang dapat kalian kunjungi di Indonesia. Tidak perlu jauh – jauh keluar negeri. Karena masih banyak sekali wisata – wisata yang bagus di tanah air kita.

Siapa yang belum tahu Jogja? Jogjakarta sebuah provinsi yang diistimewakan, karena keistimewaanya yaitu gubernur yang turun temurun dipilih dari keturunan sultan keraton hadiningrat Jogjakarta. Sudah terkenal sekali akan kebudayaan jawanya yang kental didaerah Jogja.

Banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik di Jogja. Waktu seminggu pun tidak akan cukup untuk menjelajahi seluruh pelosok wisata di daerah Jogjakarta dan sekitarnya. Dan disini saya ingin bercerita pengalaman saat saya berkunjung ke Jogja beberapa waktu yang lalu.

 jogja1

Dari kota kelahiran saya Purwokerto, untuk ke Jogja bisa menggunakan kereta ataupun bus eksekutif class. Saya memilih untuk menggunakan bus eksekutif dengan harga tiket Rp 50.000,- dengan perjalanan yang memakan waktu 5 jam untuk sampai diterminal Jogja. Disana banyak penginapan yang dapat anda temui,tetapi karena saya datang bersama teman dari mahasiswa UGM, saya menginap dirumah kerabatnya yang kebetulan lokasinya dekat dengan alun alun utara kota Jogja.

jogja 

Menikmati malam dijogja sangat berkesan, disana banyak ditemui makanan enak yang jarang terdapat dikota Jakarta. Rekomendasi makanan diJogja yang murah dan enak yaitu nasi kucing yang berada di Tugu Jogjakarta, disana sangat ramai dikunjungi mahasiswa maupun wisatawan. Serta menyusuri malam di Malioboro yang cukup padat dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tetapi saya sarankan jika ingin berbelanja souvenir dimalioboro harus pintar menawar harganya. Dan lebih baik jika ingin membeli oleh – oleh makanan khas Jogja seperti bakpia pathok dll paling murah di Pasar Beringharjo.

Jika ingin berkeliling Jogja tanpa repot repot mencari alat transportasi, disana terdapat andong (dalam bahasa jawa) seperti kereta kuda kalau dijakarta, juga becak, tetapi saya memilih menyewa sepeda motor. Sewa sepeda motor dijogja harus memiliki kartu mahasiswa,kebetulan saya bersama teman saya dari UGM,jadi meminjam KTM teman, dan cukup membayar sewa 35-50 ribu perharinya, bensin kita isi sendiri.

tamansari

Memulai wisata disekitar kota Jogja, saya memasuki Tamansari, yaitu tempat pemandian putri – putri, istri maupun selir keraton Jogja, cukup dengan membayar tiket RP 2.000. Menjelang sore paling bagus jalan jalan di alun alun selatan kota Jogja yang terdapat dua pohon beringin besar yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Disana terdapat mitos jika ada yang berhasil melewati kedua pohon beringin tersebut dengan mata tertutup maka cita citanya akan tercapai. Saya penasaran dan mencobanya,tetapi tidak berhasil melewati kedua pohon beringin itu, sangat disayangkan ya.

borobudur

 

Keesokan harinya saya bergegas ingin mengunjungi candi Borobudur yang sangat terkenal karena peninggalan dari kerajaan Majapahit era wangsa syailendra dan termasuk candi Budha terbesar di Indonesia dan masuk kedalam 7 keajaiban dunia. Candi Borobudur terletak di kabupaten Magelang, jika ingin kesana harus pagi pagi, karena di Borobudur cukup panas terik mataharinya.

borobudur

Saya mengendarai sepeda motor bersama teman teman memakan waktu 1 jam sampai di Borobudur, dan tiket masuknya untuk wisatawa domestic Rp40.000, dan Rp100.000 untuk wisatawan mancanegara. Jangan lupa untuk membawa payung,karena cuaca yang panas. Tetapi disana juga sudah terdapat jasa sewa payung dengan harga Rp 5.000. Belum puas saya mengelilingi Jogja serta menikmati wisata maupun kulinernya, saya harus bergegas untuk pulang ke Purwokerto. Semoga cerita travelling kali ini bisa menjadi inspirasi untuk hobby travelling anda. Terima kasih dan sampai jumpa..

Anda tidak bisa mengirim komentar pada artikel ini