iRAN (iLearning Raharja Ask and News) Berita RSS

Kelebihan OS Android 5.0

OS Anroid

Nama-nama OS Android diambil berdasarkan nama makanan dan diluncurkan secara alfabet (Sebelumnya ada Jelly Bean dan Kitkat). Nah, bisa ditebak kan OS Android selanjutnya adalah nama makanan yang berawalan huruf L. Desas-desus tentang nama OS Android 5.0 sebenarnya kini sudah terungkap. Setelah google memperkenalkan Android L pada ajang Google i/O pada bulan juni lalu, beredar isu tentang nama android L. Muncul beberapa nama kandidat seperti Lemon Meringue PieLion dan terakhir Licorice.

Namun teka-teki tersebut kini terjawab sudah, setelah Google secara resmi mengumumkan kode L pada OS terbaru Android ini adalah LollipopAndroid Lollipop diklaim menjadi OS Android yang perubahannya sangat besar. Bakal banyak fitur-fitur baru dalam Android teranyar ini. Dan apa saja kelebihan dari Android 5.0 Lollipop ini? Berikut ulasannya:

 

Kelebihan Android 5.0 Lollipop

  1. Hal yang paling terlihat dari perubahan sistem operasi versi terbaru ini adalah pada interface-nya. Desain tampilan antar muka Android Lollipop mengusung konsep Material Design. Konsep tersebut terinspirasi dari tampilan flat dan minimalis sebuah kertas dan tinta ditambah dengan animasi baru. Tampilan ini membuat Android menjadi lebih modern.
  2. Terdapat fitur ART runtime yang telah menggantikan Dalvik yang digunakan pada sistem operasi android versi sebelumnya. Perbedaanya, Dalvik memakai konsep just-in-time dengan kode aplikasi dikompilasi ketika dijalankan. Sedangkan ART runtime memakai konsep Ahead-of-time dimana proses kompilasi kode aplikasi dilakukan ketika proses instalasi. Ini membuat proses instalasi lebih lama dan memakan space memori yang lebih besar. Namun demikian, hasilnya terjadi peningkatan performa yang sangat signifikan ketika menjalankan aplikasi.
  3. Kelebihan Android 5.0 Lollipop lainya adalah adanya project Voltayaitu fitur yang mampu menghemat daya tahan baterai sampai 30% lebih dibandingkan OS android sebelumnya. Dengan demikian android 5.0 Lollipop ini adalah sebagai jawaban google atas fenomena smartphone saat ini yang memiliki konsumsi baterai sangat boros.
  4. Android Lollipop juga mendukung arsitektur 64 bit. Dengan demikian perangkat android bisa dijejali RAM sampai 4 Gb. Sebelum ada fitur ini, perangkat android hanya mentok mampu dijejali RAM 3 Gb saja.
Nexus 9

Bagaimana, keren bukan OS Android Lollipop ini..? Nah, perangkat android yang pertama kali menjalankan OS Android Lollipop adalah Nexus 9 yang tak lain adalah tablet buatan Google sendiri. Bagi anda yang masih menggunakan smartphone dengan OS android kitkat, tenang saja karena beberapa vendor juga akan memberikan update OS ke Android Lollipop. Okay, cukup sekian infonya dan terima kasih.

SUMBER

Anda tidak bisa mengirim komentar pada artikel ini