iRAN (iLearning Raharja Ask and News) Berita RSS

Lampu Ini Diklaim Bisa Tahan Hingga 23 Tahun

Lampu Ini Diklaim Bisa Tahan Hingga 23 Tahun

Liputan6.com, Meraba-raba di dalam kegelapan untuk mengganti bola lampu yang mati, sepertinya akan sangat jarang terjadi - atau setidaknya Anda hanya akan mengganti bola lampu seperempat abad sekali. Hal itu dimungkinkan karena sebentar lagi sebuah bohlam lampu berdesain ramping pertama di dunia, SlimStyle LED, segera diluncurkan.

Bohlam lampu besutan Philips itu diklaim sangat efisien dan dapat menyala hingga 23 tahun atau 25 kali lebih tahan lama dari lampu pijar konvensional berkapasitas 60 Watt.

Jika lampu LED standar mampu menyala hingga 10.000 jam dan lampu hologen 1.000 jam, maka SlimStyle LED diklaim mampu menyala hingga 25.000 jam - yang berarti dapat digunakan hampir 23 tahun jika rata-rata dinyalakan tiga jam sehari.

Desainnya pun terbilang unik, terlihat membulat jika dilihat dari arah depan dan tampak ramping bila dilihat dari samping. Desain tersebut dapat tercipta dengan sempurna karena komponen LED di dalamnya dirancang dengan bentuk tapal kuda. Bukan itu saja, bagian luarnya juga dilapisi dengan material karet sehingga tidak mudah pecah saat terjatuh.

Lampu ini juga dapat mengurangi konsumsi energi hingga 85 persen. "Desain baru ini diharapkan dapat membuat pencahayaan yang lebih baik dan hemat biaya," kata Technical and Design Director Philips UK, Mike Simpson, seperti dikutip dari Mail Online.

Philips SlimStyle LED akan dipasarkan pekan ini di Amerika Serikat dengan harga US$ 10 atau sekitar Rp 120 ribu, dan juga akan tersedia di Inggris jika penjualannya berhasil mencapai target.

 

[Dikutip dari : liputan6.com]

Oleh : Iskandar

Anda tidak bisa mengirim komentar pada artikel ini