iRAN (iLearning Raharja Ask and News) Berita RSS

6 Trik Biar Lebih Bahagia Waktu di Kantor

6 Trik Biar Lebih Bahagia Waktu di Kantor

Liputan6.com, Jakarta : Jenuh dengan pekerjaan di kantor dan ingin merasa lebih bahagia? Sayangnya, mayoritas pegawai seringkali hanyut di dalamnya dan terjebak dalam perasaan penat tersebut. Pada akhirnya mereka tidak bisa menikmati pekerjaannya di kantor.

Padahal mengutip laman careerealism, Senin (5/1/2014), mengubah perasaan dan suasana hati menjadi lebih bahagia di kantor merupakan hal yang sangat mudah. Semuanya sangat tergantung pada cara Anda menyikapinya.

Faktanya, perasaan bahagia sangat membantu Anda di tempat kerja karena mampu meningkatkan reputasi karir pribadi. Optimisme yang dihasilkan rasa bahagia di kantor dapat membuat Anda mampu beradaptasi dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Selain itu, para pegawai yang senang dengan pekerjaannya akan menerima timbal balik yang lebih baik dari bos dan rekan kerja di kantor.

Untuk itu, berikut enam cara agar lebih bahagia di tempat kerja:


1. Jangan larut dalam emosi

Saat merasa kecewa di kantor perihal pekerjaan atau hubungan dengan rekan kerja, jangan melarutkannya dengan perasaan sedih. Sebaliknya, temukanlah sisi lain yang bisa membuat Anda merasa lebih baik.

Mungkin di tempat kerja Anda tidak menunjukkan prestasi yang luar biasa tapi cara Anda menghadapi masalah justru mengangkat profik pribadi di hadapan orang lain yang benar-benar peduli.

2. Gunakan bahasa yang positif

Dalam konteks profesional, kata-kata Anda di telepon, e-mail dan saat berkomunikasi tatap wajah memiliki pengaruh yang besar bagi perasaan orang lain. Maka gunakanlah ucapan yang positif saat tengah menjalani rutinitas di kantor.

Misalnya, saat menerima instruksi dari atasan, lebih baik ucapkan "Dengan senang hati saya akan melakukannya" dibandingkan "Baik saya kerjakan".

 

3. Ceriakan diri Anda

Tulislah sepuluh pernyataan yang akan Anda katakan jika rekan kerja di kantor tengah jenuh dengan karirnya. Misalnya, tulislah pernyataan seperti "Anda sudah melakukan yang terbaik, dan pasti bisa lebih baik lagi di kemudian hari".

Di titik tertentu, saat Anda yang justru penat dengan kesibukan di kantor, bacalah 10 pernyataan yang pernah Anda tulis. Berupayalah untuk menceriakan diri sendiri sebelum melakukannya pada orang lain.

 

4. Berhenti mengeluh

Keluhan bersifat menular. Mengeluh dapat membuat diri Anda merasa lebih buruk dan rekan kerja Anda juga akan terpengaruh serta memiliki persaan serupa.

Jika Anda tidak bisa menemuka kata-kata yang bersifat konstruktif dalam mengahadapi masalah atau tantangan pekerjaan, lebih baik diam. Bersikap ceria dalam menghadapi berbagai tantangan akan mendorong reputasi karir dan profesi Anda.


5. Beristirahat

Jika tengah memiliki suasana hati yang tidak menyenangkan di kantor, sempatkan waktu Anda selama lima menit untuk sekadar bermain ´game´ yang Anda sukai. Kegiatan seperti itu, dapat membuat suasana hati terasa lebih baik.

6.Memuji orang lain

Saat Anda melihat rekan kerja di kantor menyelesaikan pekerjaan dengan baik, pujilah dirinya. Pujian tersebut dapat menjadi bumerang dan berbalik positif pada kinerja Anda di kantor.

 

[Dikutip dari : liputan6.com]

Anda tidak bisa mengirim komentar pada artikel ini