iRAN (iLearning Raharja Ask and News) Berita RSS

Unik, Robot Dapat Dikontrol Lewat Pikiran dan Air Seni

Unik, Robot Dapat Dikontrol Lewat Pikiran dan Air Seni

Liputan6.com, Perkembangan industri robot begitu cepat dan mencengangkang. Banyak robot-robot konsep canggih yang dikembangkan oleh para ahli robotika, memiliki kinerja yang unik dan out of the box.

Salah satunya adalah robot yang diciptakan oleh seorang peneliti Jepang yang dapat dikendalikan melalui pikiran manusia. Teknologi terbaru yang dimasukkan ke dalam robot tersebut adalah Brain Computer Interface (BCI), yaitu sebuah alat seperti topi yang akan menerima sinyal dari otak manusia dan diterima sebagai pengendali robot.

Sensor di alat itu akan menerima aktivitas otak ketika si pengendali memfokuskan pandangan kepada beberapa titik panel yang ada di layar komputer. Ketika si pengendali fokus kepada satu warna, maka robot akan membacanya sebagai perintah ke objek tersebut.


Dikendalikan Penderita Cacat Motorik
Teknologi sejenis juga telah dikembangkan oleh ilmuwan asal Jerman, Jorn Vogel, pada Mei 2013. Robot berbentuk tangan itu bahkan dapat digerakkan melalui pikiran seseorang yang menderita cacat motorik.

Vogel mendemokan robot itu terhadap seorang warga Amerika Serikat, Cathy Hutchinson (58) yang lumpuh akibat serangan struk. Hutchinson hanya bisa berkomunikasi menggunakan gerak matanya. Dalam uji coba itu ia melakukan enam kali percobaan, dan pada percobaan yang keempat kali ia berhasil mengangkat gelas kopi ke mulutnya.

Sukses dengan uji coba tersebut, menunjukkan bahwa teknik pengendalian robot menggunakan pikiran dapat meningkatkan kualitas hidup banyak warga yang menderita cacat motorik.

Salah satu peneliti, Professor Patrick van der Smagt mengatakan, dirinya yakin sistem robotika itu dapat diterapkan pada hampir semua pasien kelumpuhan. Tapi ia menekankan, risetnya masih berada pada tahap awal.

 

[Dikutip dari : liputan6.com]

Oleh : iskandar

Anda tidak bisa mengirim komentar pada artikel ini